Berbagai Mitos Tentang Binatang

Berbagai mitos tentang binatang, memang tidak terlepas dari sebuah kepercayaan dan mistis itu sendiri. Dan ada juga dari beberapa kalangan yang  membenarkan hal ini dan ada yang juga menentangnya. Yang jelas Pro dan Kontra selalu mengimbanginya. Terlepas ini benar atau tidak hanya segelintir orang yang telah membuktikan dan merasakan akan kebenaranya. Sehingga  hal ini masih dinamakan mitos.

Pasti sebagia orang pernah mengalami atau mearasakannya langsung akan kehadiran makhluk astral baik itu cuma lewat bulu kuduk merinding atau bau yang begitu menyengat atau terlintas seklebat saja. Namun tahukan anda jika hewan lebih peka terhadap hal aura ghoib atau makhluk halus yang hadir disekitar kita. Terlepas dari Binatang atau hewan itu sendiri yang mendatangkan mitos atau memang hewan ini memberikan gambaran atau alamat sebuah pertanda yang akan terjadi , kembali lagi bagaimana kita menyakininya karena semuanya hanya kepada Dzat Allah SWT lah kita percaya dan menyakininya.

Berikut  Berbagai mitos tentang binatang


Berbagai Mitos Tentang Binatang

1. Cicak

Tidak banyak orang yang menyukai cicak / cecek. Cicak adalah salah satu hewan yang mengandung banyak mitos unik dan masih sering dipercaya di Indonesia. Bahkan salah satu mitos yang pernah ada yaitu apabila Anda masuk ke sebuah ruangan dan cicak jatuh tepat di kepala Anda, Anda diharus menangkapnya dan membunuh atau membuangnya ke suatu tempat karena bila tidak, maka ayah akan meninggal.

Selain itu, cecek/ cicak juga bisa menunjukkan keberadaan makhluk halus seperti kuntilanak. Mitosnya, apabila Anda berada dalam suatu ruangan dan tiba-tiba cicak masuk sambil berbunyi, maka di situ sedang hadir makhluk halus mitosnya.

Berbagai Mitos Tentang Binatang

2.Katak / Kodok

Jika  dalam perjalanan kita mendengar suara katak / kodok  ( berbunyi kak ) yang hanya berbunyi sekali maka kemungkinan orang tersebut akan terkena bahaya.Dan untuk menghindari bahaya tersebut maka kita melemparkan rumput kering ke katak tersebut sambil berkata :
engkau yang kering dan saya yang segar

 yang artinya kepadamulah segala yang tidak baik ,akan tetapi yang baik itu kepadaku.

Apabila bunyi di malam hari maka ada  hantu yang akan menangkapnya atau mengintai Anda.

Berbagai Mitos Tentang Binatang

3. Ayam jantan

 Dari semua makhluk yang mengandung mitos, mungkin ayam jago adalah salah satu yang mengandung mitos paling bagus. Anda mungkin tidak jarang mendengar ayam berkokok / kluruk. Lalu bagaimana bila ia berkokok sebelum pagi hari alias di tengah malam atau dini hari jauh sebelum subuh atau fajar ?

Konon menurut mitos  yang ada, apabila ayam berkokok sebelum waktunya,  mitosnya maka sedang ada gadis yang hamil di luar nikah. Akan tetapi hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar  dna  dipercaya dibandingkan dengan mitos  yang lebih bagus. Jika  Anda mendengar ayam berkokok di tengah malam, sebaiknya Anda berdoa karena ayam tersebut sedang melihat malaikat

Namun jika anda melihat  Ayam betina yang beradu pada siang hari maka pertanda akan ada anggota keluarga dari jauh yang akan datang
Sebagai mana pribahasa
Sanak saudara, bila jauh selalu terkenang tetapi bila dekat selalu bertengkar

Berbagai Mitos Tentang Binatang

4. Kunang-kunang

Kunang-kunang mungkin dianggap sebagai binatang yang bisa menambah romantisme suasana. Karena binatang yang disebut fireflies ini merupakan serangga yang indah dan  mampu mengedipkan cahaya yang indah laksana  bintang dilangit. Namun di balik keindahan itu, konon kunang-kunang punya mitos yang cukup menyeramkan.

Binatang Kunang-kunang sering disebut sebagai jelmaan  kuku orang mati atau jelmaan iblis. Meskipun bentuknya sudah jelas sebagai serangga, tetapi  kedipan lampu hewan ini masih sering jadi pertanyaan dan perdebatan di kalangan peneliti.


Berbagai Mitos Tentang Binatang

5. Tokek / Tekek


Tidak hanya cicak / cecek, reptil lainnya yang kurang disukai dan mengandung misteri adalah tokek.Sebab binatang yang satu ini konon berhubungan dengan ilmu sihir. Mitosnya bahkan ada juga yang mengatakan bahwa tokek adalah binatang jelmaan jin atau setan. Konon  tokek tidak jauh berbeda dari cicak / cecek. Apabila Anda mendengar tokek berbunyi, Mitosnya  di tempat tersebut sedang ditunggui makhluk halus.

Berbagai Mitos Tentang Binatang

6. Anjing


Anjing adalah salah satu binatang yang paling sering dijadikan peliharaan kesayangan. Mungkin kita sering gemas dengan tingkah anjing yang lucu dan lincah, namun apabila Anda mendengar lolong atau gonggong di tengah malam maka sebaiknya Anda hati-hati.

Berbanding terbalik  dengan ayam yang berkokok di tengah malam, Konon  bila anjing menggonggong di tengah malam,biasanya hal itu , bisa jadi bukan karena ia melihat orang asing yang bermaksud jahat, akan tetapi  bisa jadi melihat akan keberadaan makhluk halus.

Berbagai Mitos Tentang Binatang

8. Burung gagak


Ada beberapa jenis burung yang menandakan sesuatu yang buruk tentang kematian dan identik dengan makhluk halus dan menyeramkan. Burung yang pertama adalah burung hantu. Jenis burung ini sering digunakan dalam film horor dan dipercaya sebagai burung peliharaan hantu dengan sorot mata yang mengerikan dan dianggap sebagai simbol kematian atau maut.

Burung lainnya yaitu burung dares dan burung gagak. Kabarnya  bila di rumah Anda berkicau burung dares yang berputar-putar,bisa jadi  hal itu menunjukkan akan ada orang yang meninggal dunia.Dan  Burung gagak juga dikabarkan menjadi burung yang memberikan pertanda buruk seputar kematian.

Berbagai Mitos Tentang Binatang

9. Kucing hitam


Di beberapa negara Eropa, kucing terutama yang berwarna hitam dianggap sebagai makhluk mistis. Hal ini karena mereka percaya bahwa kucing adalah jelmaan penyihir. Tidak sedikit orang yang meyakini bahwa kucing adalah hewan pembawa sial walaupun beberapa toko menggunakan simbol kucing dan memelihara kucing sebagai pembawa keberuntungan. Selain itu, kucing hitam yang melewati mayat dianggap sebagai pertanda yang kurang baik.

Bila ada kucing menjilat kaki depannya kemudian dipakai untuk mengusap-usap mukanya ,pertanda tuannya akan mendapat daging.Apabila ada kucing yang berkelahi di malam hari berarti ia berkelahi dengan roh jahat

Berbagai Mitos Tentang Binatang

11. Kassak (Sejenis burung elang malam)

Hewan ini pula dipercayai sebagai pembawa berita kematian.Apabila burung ini berbunyi beberapa malam maka di area tersebut akan ada orang yang akan meninggal

Berbagai Mitos Tentang Binatang

12. Lalat Gong  ( Sejenis lalat besar)

Hewan ini pertanda ada angota keluarga yang akan meninggal dalam waktu dekat

Berbagai Mitos Tentang Binatang

13. Ratu Kupu (sejenis kupu-kupu besar)

Apabila kupu-kupu ini masuk dalam rumah di malam hari maka keluarga tersebut akan kedatangan tamu dalam waktu dekat

Berbagai Mitos Tentang Binatang

14.  Ular


Apabila ada ular hitam yang menampakkan diri si petang hari maka pertanda kematian.Bila terlihat sawah maka panen akan berhasil.Bila dalam perjalanan,kita menjumpai ular melintas dari kiri ke kanan maka akan ada bahaya. Jika memotong dari kanan ke kiri menandakan keberuntungan. Apabila kita menjumpai ular hijau (ula’ daun-daun ) maka hewan tersebut pertanda baik dan tidak boleh dibunuh.Bila kita menjumpai ular jenis panakan yaitu ular yang tak bisa dibedakan maka kepala dan ekor,maka itu pertanda akan ada keluarga yang meninggal Demikianlah kepercayaan dalam masyarakat Toraja di masa lampau. Namun hal inilah hanya mitos. Kita layaknya hanya percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dialah empunya segala kehidupan di dunia ini .Masalah hidup dan mati kita adalah suatu misteri, hanya Allah yang tahu.

Berbagai mitos tentang binatang, ini mungkin salah satunya pernah Anda alami bukan, karena pada dasarnya memang binatang atau hewan diberikan beberapa kelebiha oleh Allah yang tidak dimiliki Oleh manusia biasa. Selalu waspada dengan alamat atau tanda yang diberikan oleh alam atau makhluk Allah yang lain bisa jadi ini merupakan rangkaian teguran atau peringatan buat kita semua, Untuk itu berfikirlah bagi orang yang mau berfikir akan hal itu,

Jika ada masukan silahklan komentar di bawah ini siapa tahu dapat membangun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbagai Mitos Tentang Binatang"

Posting Komentar